Jalin Kerjasama, Pemkot Gelar Upacara 17-an Terpadu

Written By Ambononline.com on Senin, 20 Juni 2011 | 11.17

Ambon - Dalam rangka menjalin kerjasama dan hubungan yang lebih baik dari seluruh komponen di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di kota ini, maka pemkot, menggelar upacara bendera 17-an terpadu.

Upacara tersebut tersebut digelar di lapangan Upacara Kantor Pengandilan Negeri Klas I Ambon, Jumat (17/6). Bertindak selaku inspektur upacara, Walikota Ambon, MJ Papilaja.

Upacara ini yang baru pertama kali dilakukan tersebut, dihadiri unsur TNI/Polri, PNS dilingkup Pemkot Ambon, tokoh agama, tokoh adat dan raja-raja di wilayah Kota Ambon.

Walikota Ambon, MJ Papilaja dalam amanatnya mengatakan, hubungan kerjasama yang lebih baik dari seluruh komponen pemkot dan berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Ambon harus terjalin dengan baik, sehingga cita-cita luhur Kota Ambon yang maju dan sejahtera dapat terwujud dalam bingkai NKRI.

Dikatakan, saat ini dan ke depan, tantangan dan tuntutan tugas tidaklah ringan, sehingga di mana volume dan frekuensi tugas akan semakin berat dan kompleks, seiring dengan perkembangan situasi dan dinamika masyarakat yang semakin tinggi.

"Kita bersama-sama dituntut untuk dapat bekerja keras dengan didukung oleh etos kerja dan disiplin yang tinggi, sehingga mampu memprediksi dan mengantisipasi setiap tantangan tugas dengan lebih baik," ujarnya.

Menurutnya, dalam menghadapi tugas-tugas dan perkembangan situasi di wilayah Kota Ambon ke depan, aparat pemkot diminta untuk selalu senantiasa dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Saat ini situasi keamanan di berbagai daerah sering terganggu oleh adanya tindakan terorisme dan aksi tersebut, tidak tertutup kemungkinan dapat saja terjadi di daerah ini.

Demikian pula dengan kegiatan radikalisme yang terjadi, terkadang sulit dibedakan dalam derasnya arus demokratisasi saat ini.

Konflik-konflik horizontal di masyarakat yang berkaitan dengan batas wilayah, masalah adat dan perselisihan individu yang membesar menjadi permasalahan kelompok masih saja terjadi di daerah ini.

"Kita harus terus meningkatkan kepekaan, ketajaman kecerdasan dalam membaca dan mencermati setiap perkembangan situasi. Kecepatan dan ketepatan dalam bertindak senantiasa dituntut, sehingga tidak ada peluang sekecil apapun untuk memprovokasi masyarakat dan diadu domba. Kita semua diharapkan sadar akan hukum dengan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum," harap Walikota.

Ditambahkan, jalinan kerjasama dan kekompakan, baik antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri maupun komponen masyarakat lainnya, harus tetap dijaga dan dipelihara dan semangat kebersamaan yang sudah terjalin selama ini perlu dibina dan ditingkatkan karena semuanya itu adalah salah satu kunci keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas.

"Saya berharap agar warga tidak main hakim sendiri dan menghindari tindakan anarkis, di mana jika ada pelanggaran hukum, maka diserahkan kepada aparat yang berwajib," harapnya. (S-26)

0 komentar:

Berita Lain