Jumlah Peserta ‘Darwin-Ambon Yacht Race' Bertambah

Written By Ambononline.com on Jumat, 10 Juni 2011 | 11.01

Ambon - Menjelang pelaksanaan Darwin-Ambon Yacht Race 2011 yang akan berlangsung akhir Juli mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menginstruksikan warga untuk menjaga kebersihan dan keamanan daerah.

Hal itu diungkapkan Asisten II Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Syarif Tuasikal saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) menjelang penyelenggaraan event tahunan tersebut, di Balai Kota Ambon, Rabu (8/6).

Rakor tersebut dihadiri Koordinator Penyelenggara Darwin-Ambon Yacht Race 2011, Hellen de Lima, perwakilam Lantamal IX Ambon, Bea Cukai Ambon, Imigrasi Klas I Ambon, Administrasi Pelabuhan (Adpel) Ambon, Distrik Navigasi Ambon, Polda Maluku, Karatina Ambon, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Maluku serta Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Ambon.

Dalam rakor tersebut dibahas berbagai persiapan yang akan dilakukan oleh masing-masing instansi guna menyukseskan pelaksanaan lomba tersebut. Kendati demikian,
Tuasikal lebih menekankan pada masalah kebersihan dan keamanan kota.

"Warga Kota Ambon harus selalu tertib membuang sampah pada lokasi-lokasi yang telah ditetapkan serta menghindari adanya pembuangan sampah ke sungai yang pada akhirnya akan mengalir ke laut, sehingga berdampak pada pencemaran laut," ungkapnya.

Ia juga meminta kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Ambon untuk berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Provinsi Maluku untuk memasang kembali jaring-jaring di muara-muara sungai guna menyaring sampah-sampah agar tidak mengalir ke laut.

Tuasikal juga mengatakan, dalam menyambut para peserta lomba Darwin-Ambon Yacht Race, akan dilakukan welcome ceremony serta pagelaran seni dan budaya yang ada di daerah ini.

Sementara itu, Koordinator Penyelenggara Darwin-Ambon Yacht Race 2011, Hellen de Lima mengaku terhitung Rabu (8/6), jumlah peserta telah bertambah menjadi 19 perahu layar.

"Hingga Rabu (8/6) sore, jumlah peserta telah memasukan data aplikasi kepada penyelenggara di Darwin telah bertambah 19 perahu layar. Jumlah peserta pasti akan terus bertambah, karena penyelenggara masih membuka pendaftaran hingga tanggal 30 Juni," ungkap Hellen de Lima kepada Siwalima di Ambon, Rabu (8/6).

Dijelaskan, tiga perahu layar yang telah memasukkan aplikasinya Rabu (8/6), yaitu Souesea, Walk on the Wild Side dan Choching. Kendati demikian, Hellen belum memperoleh data detail dari Darwin mengenai skipper maupun negara asal perahu layar tersebut.

Sebelumnya, 16 perahu layar telah memasukan data aplikasi ke penyelenggara, yaitu Australia Maid dengan skipper John Wardill, Breakaway (Alan Chalk), Even Karma (John Hardy), Freedom Express (Ross McCombe), Game Set (John Mulkearns), Pandora (Rick Setter), Raucous (Bob Colman), Scot Free II (Barrie Morgan), Shady Lady (Peter Charles), Solace III (Roger Hatten), Xscape (Andrew Boller), Fantasia (Andrew Stransky), Wicked (Danny Foley), Lady Bubbly (Chris Mitchell), Parlay (Ray Jones) dan Maralinga (John Jordan).

Helen menjelaskan, para peserta lomba Darwin-Ambon Yacht Race 2011 akan dilepas pada tanggal 23 July 2011 di Pelabuhan Darwin Australia dan akan memasuki finish di Desa Amahusu pada tanggal 26 Juli 2011.

Ia berharap agar Darwin-Ambon Yacht Race 2011 yang merupakan bagian dari mempromosikan potensi wisata dapat berlangsung sukses dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, Darwin-Ambon Yacht Race telah dilaksanakan sejak tahun 1976. Pada tahun 1998 pesertanya bahkan melebihi 100 perahu layar. Kendati demikian pada tahun 1999, race tersebut terhenti akibat konflik yang terjadi di Kota Ambon. Selanjutnya pada tahun 2007, Darwin-Ambon Yacht Race kembali dilaksanakan.

Rekor tercepat pernah dicatat oleh perahu layar Zuma dengan skipper John Punch pada tahun 1998. Perahu layar tersebut berhasil menyelesaikan race dengan catatan waktu 53 jam 29 menit dan 50 detik.

Pada tahun 2010 lalu, race ini dijuarai perahu layar Cruise Missile dari Australia. Perahu layar yang termasuk multihull racing division dengan skipper Wayne Huxley ini tercatat sebagai perahu layar yang paling cepat tiba dengan catatan waktu 53 jam 56 menit, sedangkan juara pertama kategori monohull racing division diraih perahu layar Chacone dengan skipper Siggberg Svante Emil yang berasal dari Finlandia dengan catatan waktu 64 jam 18 detik. (S-26)

0 komentar:

Berita Lain